Format Menulis Blog, Website itu tidak sama dengan menulis buku / majalah, Tips & langkah mulai menulis artikel berkualitas ( manfaat untuk user ) yang di dalam-nya terkandung unsur SEO Friendly.
Konten berkualitas, pondasi dasar SEO, Artikel ( konten ) menentukan bloger akan kesuksesanya, pastikan semua kontan di create dengan baik & benar, pelajari tips2 nya dibawah !
Artikel Berkualitas seperti Apa?
Sebuah konten, artikel bisa dikategorikan berkualitas, jika:
- Memberikan jawaban – solusi yang tepat, benar, lengkap atas pertanyaan?, masalah kebanyakan user di internet
- Konten Dapat menjadi rukukan yang dapat memecahkan & menyelesaikan masalah user
- Di Samapikan secara Ringan, simple dan mudah dipahami user, ini mencakup bahasa dan format penulisan konten
- User puas atas isi konten yang disampaikan sehingga tidak pindah ke website lain untuk mencari informasi yang sama. Sebagai indikator berikan fitur rating, reviews & share ke sosial media.
- Isi konten atau Artikel mengupas secara rinci, jelas, Lengkap berdasarkan topik yang disampaikan.
Tips persiapan sebelum kamu mulai menulis:
- Tentukan topik konten, haruslah spesifik & semakin spesifik semakin on-target untuk pembaca
- Riset keyword utama & keyword turunan dengan topik diatas, tool riset: keyword everywhare, Google keyword planner.
- Tentukan tujuan penulisan, goal kamu membuat artikel untuk apa ?
- Rumuskan ide pokok / masalah, secara umum konten untuk menjawab suatu pertanyaan ? atau hanya sekedar info (news).
- Buatlah kesimpulan atau penutup.
Mencari Referensi Artikel
Referensi merupakan link rujukan / referensi bacaan yang sudah tersedia sebelumnya, ini menjadi Ide suatu artikel yang akan dituangkan dalam isi konten.
Rekomendasi: Supaya artikel miliki bobot, kamu perlu membaca lebih banyak referensi yang sesuai dengan konten artikel yang akan di create atau juga bisa pakai jasa penulis artikel online.
Caran-ya:
- Ambil 5 – 7 sample artikel sejenis yang telah tayang dihalaman 1 google berdasarkan keyword ditarget
- Bandingkan isi konten masing2 web, check kelebihan & kekurangan
- Ambil semua point penting didalam web referensi, rangkum untuk jadikan kerangka artikel
- Tambahkan ide baru kamu untuk menjadikan konten itu unik & sempurna.
Tentukan Konsep Penulisan
Struktur Konten Pilar, dapat diartikan sebagai Artikel pokok yang membahas topik / keyword utama dan sub2 pokok dalam artikel.
Kontruksi Konten SEO:
- Susun Daftar ISI ( kerangka konten ) untuk setiap Heading / sub judul, tulis format tag (H2, H3, H4)
- Membuat Navigasi Links yang jelas pada konten lainya yang membahas sub2 pokok atau yang masih berhubungan
- Sampaikan semua pembahasan topik konten secara lengkap dan mendalam.
NOTE:
Membuat konten yang SEO itu komplek tentunya harus melihat konten persaing yang sudah ada di google, serta harus memahami apa yang di inginkan / cari oleh pembaca.
Tidak berhenti disini titik berat adalah apa perbedaan atau keunggulan konten / artikel yang akan di buat dengan konten yang sudah ada di google, sehingga konten memiliki informasi sudut pandang beda + lengkap, berbeda namun memberikan info secara lengkap + detail.
Format Penulisan
- Gunakan font yang mudah dibaca: Font-font seperti Arial, Helvetica, Open Sans, Roboto, Georgia
- Ukuran huruf antara 13 – 16px
- Lebar horizontal antara 480 – 720px
- Line-height antara 1.5 – 2em
- Margin di bawah paragraf antara 1.5 – 2em.
Judul Post { artikel } SEO friendly dan menarik, menjadi faktor penting untuk Optimasi SEO, dimana yang pertama kali dilihat calon pengunjung adalah judul-nya.
1.) Judul Konten
- Menarik, lengkap & harus mengandung kata yang membuat tertarik dalam 5 detik
- Panjang karakter 57 (berdasarkan jumlah karakter pada hasil penelusuran google)
- mengandung 1 keyword (kata kunci) untuk keperluan SEO.
Rumus:
Rahasia Judul Post SEO: kata depan + keyword + long tail keyword + kata pemanis ( keterangan )
Contoh
- A: Cara membuat donat [ salah ]
- B: 3 Cara membuat donat yang enak & desain menarik [ benar ]
Ket
[A] isi judul sangat standar & biasa + tidak lengkap atau kurang menarik, [B] memiliki kalimat lengkap, menarik dan mengandung kata yang menimbulkan penasaran (Enak | Terbaru).
Pada contoh judul diatas menargetkan atau mengandung 1 keyword “cara membuat donat”.
Uji coba
Dari 3 judul diatas kamu akan klik yang mana ? berikan tanggapan kamu lewat form komentar !
Note: Jangan pernah membuat judul dengan metode “klik bait”, ini akan membuat user kecewa, pastikan title {judul} relevan dengan isi konten.
2.) Meta deskripsi
Meta deskripsi merupakan ringkasan singkat yang mewakili semua isi konten, di dalam menilis artikel meta deskripsi akan muncul dari 150 kata di paragraf pertama.
Jika kamu membuat blog lewat WordPress bisa menggunakan plugin SEO [ All in SEO One ], untuk edit (custome) meta deskripsi.
Syarat
- Panjang karakter maximal 160
- mengandung 1 keyword [kata kunci]
- kalimat meta deskripsi harus mewaliki semua dari semua isi konten.
Contoh:
Ket:
Dari gambar diatas meta deskripsi yang menarik & lengkap + mengandung 1 kata kunci [ cara membuat blog ] adalah bagian 1 & 3 sedangkan bagian 2 : salah.
3.) URL Artikel
Buat URL Links pada post atau Artikel konten yang SEO, seperi contoh:
- www.mydomain.com/cara-menulis-konten (benar)
- www.mydomain.com/cara_menulis-konten34 (salah)
Tips: Bisa gunakan (www) atau non-www, edit Permalink URL menjadi pendek dan mudah ditulis / baca, rekomendasi samakan dengan keywords utama konten.
4.) ISI Konten
Menulis isi artikel Berkualitas itu gampang2 sulit, dimana konten dari isi artikel harus berupa informasi pokok yang dapat menyelesaikan permasalahan atau pembahasan dengan sumber terpercaya, tentunya ini harus ada riset atau rujukan dari pakar dibidangnya.
Pastikan website / blog yang kamu bangun harus relevan dengan Hobi atau ahli dibidangnya, sehingga akan mudah membuat sebuah konten berkualitas atas jawaban jadi user.
Guna keperluan SEO secara teknis: Tambahkan atribut pelengkap berupa Gambar atau vidio, Jangan lupa optimasi gambar dengan menambahkan tag: ALT=”keyword”.
- Berapa Jumlah kata dalam 1 artikel ?
Jumlah minimal untuk seo format artikel = 300 – 2000 kata, namun bisa disesuaikan topik yang dibahas ( bersifat Kondisional ). Pada intinya tulis saja semua isi konten secara lengkap, detail & jelaskan secara mendalam.
Susun isi artikel menjadi beberapa paragraf dan 1 paragraf maximal maksimal 3-4 baris, dengan panjang horizontal tidak lebih dari 20 kata.
5.) Sub-heading
Subheading / sub judul dalam konten sangat penting dimana ini berfungsi untuk membagi konten dalam topik turunanan, format subjudul:
- <h1> untuk judul artikel, ini bisanya sudah automatis jadi tidak perlu seting lagi
- <p> judul tagline bawah gambar utama, awal paragraf pertama (Optional untuk gambar)
- <h3> sub-heading dalam konten
- <h4> turunan sub-heading
Cara penulisan: klik + block kalimat yang akan dijadikan subheading dan pilih seperti pada gambar dibawah:
Contoh Paragraf:
A: “Apakah anda akan membuka website yang isinya berkualitas, menarik, dan bermanfaat bagi anda…atau website yang cuma berisi artikel asal tulis? Pasti yang pertama. Ya kan? Jadi anda HARUS bisa membuat konten blog yang lebih bagus daripada blog-blog lainnya. Itu kuncinya. Nah, untuk bisa membuat konten yang bagus, maka anda wajib memilih topik yang anda minati/kuasai dan dianggap menarik oleh banyak orang.”
B: “Apakah anda akan membuka website yang isinya berkualitas, menarik, dan bermanfaat bagi anda…atau website yang cuma berisi artikel asal tulis? Pasti yang pertama.
Ya kan? Jadi anda HARUS bisa membuat konten blog yang lebih bagus daripada blog-blog lainnya.
Itu kuncinya. Nah, untuk bisa membuat konten yang bagus, maka anda wajib memilih topik yang anda minati/kuasai dan dianggap menarik oleh banyak orang.”
Menurut kamu dari contoh paragraf diatas mana yang lebih nyaman di lihat / baca ?: [ B ] YA ! benar sekali.
6.) Keyword dalam Konten
Tuliskan keyword di dalam konten dengan konsep penempatan di:
- Awal Judul
- Meta deskripsi
- 100 kata paragraf pertama
- Tengah konten
- Akhir konten
Kamu harus merangkai keyword dengan kalimat sehingga enak dibaca dan relevan.
7.) Link di Konten
Manfaat link aktif dalam konten bisa dimanfaatkan sebagai rujukan konten atau koneksi dengan konten lainya (internalink), jumlah maksimal 3 link aktif atau bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan.
8.) Media Konten
Saat ini media menjadi 1 hal penting sebagai pelengkap konten yang berupa format: gambar, video atau MP3, direkomendasikan menambahkan 1 gambar utama yang menarik pada bagian atas artikel dibawah judul, jika memang perlu bisa tambahkan video / mp3.
media konten bertujuan untuk memperjelas sebuah artikel / konten seminggu user dapat mendapatkan informasi secara lengkap.
Disclaimer
Pada dasarnya menulis artikel blog harus fokus berisi sebuah jawaban terbaik atas pertanyaan user dan mengutamakan kenyamanan pengunjung.
Ingat! – SEO bukan hanya optimasi teknis konten, backlink saja, pengalaman terbaik ( berkesan ) + solusi masalah untuk pembaca itulah inti dari SEO yang paling utama.
Social Media